Keajaiban Keindahan Pemandangan dan Daya Tarik Wisata Danau Maninjau

29 August 2023 - 07:15 WIB
Foto: tribunnewswiki.com

Tribratanews.polri.go.id - Danau Maninjau adalah sebuah danau berbentuk kaldera dengan ketinggian 459 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau merupakan danau vulkanik karena terbentuk dari letusan besar gunung api yang menghamburkan kurang lebih 220–250 km3 material piroklastik.

Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang menawan dan pemandangan yang spektakuler.

Keindahan Danau Maninjau membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Sumatera Barat.

Danau Maninjau memiliki luas 99,5 kilometer persegi (38,4 sq mi), dengan panjang sekitar 16 kilometer (9,9 mi) dan lebar 7 kilometer (4,3 mi). Kedalaman rata-rata adalah 105 meter (344 ft), dengan kedalaman maksimum 165 meter (541 ft), dikutip dari id.wikipedia.org

Baca Juga:  Polda NTB Gelar Baksos dan Bakti Kesehatan Dalam Rangka Menyambut 34 tahun Pengabdian Altar

Danau ini dikelilingi oleh jalan yang berkelok-kelok sepanjang 44 kilometer dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Wisatawan yang berkunjung ke Danau Maninjau dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan dan berbagai aktivitas wisata, seperti berkendara sepeda motor mengelilingi danau, berenang, memancing, dan menikmati keindahan matahari terbenam.

Selain keindahan alamnya, Danau Maninjau juga memiliki sejarah yang menarik.

Menurut legenda lokal, danau ini terbentuk dari bekas kawah gunung berapi setelah diledakkan oleh seorang pemuda bernama Malin Kundang.

Ada juga peninggalan-peninggalan sejarah yang dapat ditemukan di sekitar danau, seperti bekas bangunan Belanda dan makam-makam tradisional.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment