Kapolda Sumut Sebut Negara Perlu Bangun Karakter Humanis Masyarakat

22 October 2023 - 13:15 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Medan. Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan untuk memperkuat negara perlu membangun karakter masyarakat yang humanis dan memanusiakan manusia.

"Sehubungan dengan itu, diperlukan karakter-karakter yang mampu menggoreskan stempel humanis dalam bela negara," ujar Kapolda Sumut, dilansir dari Antaranews, Sabtu (21/10/23).

Saat menghadiri Forum Grup Diskusi (FGD) di Universitas Deli Husada Delitua, di Lubuk Pakam, Sumatera Utara, ia menyebutkan bela negara diukur bukan apa yang didapat dari negara, melainkan apa yang telah diberikan kepada negara.

Baca Juga:  Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Vaksin PMK di Kabupaten Malang

Jenderal bintang dua tersebut meminta kepada seluruh pihak dalam FGD tersebut agar mampu merubah karakter yang humanis dan harus berangkat dari kesadaran diri.

"Kalau mau efektif merubah karakter harus dari atas ke bawah. Bangsa ini memerlukan kita. Saya yakin kelompok intelektual dalam ruangan ini mampu mengubah karakter yang humanis," ungkapnya.

Dalam keterangannya ia menambahkan media sosial tidak bisa dibendung di zaman sekarang ini, sehingga mempengaruhi persepsi bahkan berpengaruh pada perilaku masyarakat.

Forum Grup Diskusi yang digelar dalam rangka pembentukan karakter humanis penguatan nilai bela negara itu turut hadir Penjabat Gubernur Sumut, Pejabat Kodam I Bukit Barisan Kolonel Arh Toto Raharjo, Rektor Universitas Deli Husada Johannes Sembiring, Kepala LLDikti Sumut Syaiful Anwar Matondang, para akademisi dan praktisi bela negara serta pejabat utama Polda Sumut.

(fa/hn/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment