Kapolda Sumsel Apresiasi PT BMH Karena Banyak Bantu Penanganan Karhutla

5 October 2023 - 17:30 WIB
Foto: Detiksumsel

Tribratanews.polri.go.id - Palembang. Akibat sulitnya mencari sumber air di lokasi Karhutla, Kapolda Sumsel, Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K., mengimbau kepada perusahaan dan korporasi untuk membuat embung. Hal tersebut agar helikopter water bombing bisa mengambil airnya untuk pemadaman api lebih cepat.

"Jika embung sudah tersedia dan airnya dipastikan ada, kirimkan ke kami titik koordinatnya lalu kami teruskan ke tim Satgas yang melakukan pemadaman," jelas Kapolda Sumsel, Rabu (4/10/23).

Kapolda juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada korporasi atau perusahaan yang juga turut memadamkan api meski kebakaran tidak terjadi di wilayahnya.

Baca Juga:  Polisi Selidiki Penyebab Terjadinya Kebakaran Ruang Jenazah RSPI Sulianto Saroso

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada korporasi yang sudah sangat membantu walaupun kebakaran itu tidak terjadi di wilayah konsesinya. Seperti PT BMH dari grup Sinar Mas yang mana mereka mengirimkan lima helikopter water boombing, masker, kacamata anti asap, dan pompa air," jelasnya lebih lanjut.

Berdasarkan data dari Dirjen pengendalian dan pencemaran kerusakan lingkungan Kementerian LHK, sampai hari ini ada 4.083 hektare lahan terbakar di Sumsel dengan 38.473 titik hotspot. Saat ini pihaknya masih menyelidiki dan memastikan apakah perusahaan sudah berkontribusi dan menyediakan peralatan untuk memadamkan api.

"Malam ini kami akan lakukan rapat koordinasi supaya pemadaman lebih berefek," tutup Kapolda.

(my/hn/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment