Kapolda Metro Jaya Bersama Pangdam Jaya Pastikan Perayaan Natal Tak Ada Gangguan

25 December 2022 - 09:49 WIB
Foto : liputan6.com

Tribratnews.polri.go.id – Jakarta. Dalam rangka Operasi Lilin Jaya 2022, Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., mengecek pengamanan di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Melati II, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang pada H-1 Natal 2022, Sabtu (24/12/22).

Kapolda Metro Jaya juga lakukan pemantauan terhadap kesiapan personel pengamanan Perayaan Natal di gereja-gereja wilayah hukum Polda Metro Jaya, Sabtu (24/12/22).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Metro Jaya turut didampingi oleh Dir Binmas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Badya Wijaya, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes. Pol. Zain Dwi Nugroho, Dandim 0506/TGR Letkol. Inf. Ali Imran, dan sejumlah PJU Polres Metro Tangerang Kota.

Baca Juga : Pastikan Libur Nataru Lancar, Kakorlantas dan Menhub Lakukan Pantauan Udara Pelabuhan Bakauheni-Merak Banten

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Metro Jaya lakukan pengecekan jumlah personel, alur masuk dan keluar jemaat, jadwal misa, termasuk situasi dalam gereja HKBP Tanah Tinggi.

“Polri sudah berkomitmen untuk melakukan pengamanan secara maksimal dalam menghadapi perayaan Natal 2022 serta memastikan tidak ada gangguan sekecil apapun di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” jelas Kapolda Metro Jaya, dilansir dari liputan6.com.

Sementara itu, untuk Kota Tangerang, pengecekan SOP Pengamanan di tiap gereja sudah dilakukan. Menurut Kapolrestro Tangerang, Kombes Pol Zain Nugroho, pihaknya menerjunkan kurang lebih 1.338 personel gabungan pada Nataru tahun ini, terdiri dari Polri, TNI, Mitra Kamtibmas, dan Pengamanan Dalam (Pamdal) gereja.

"Dalam pelaksanaanya kita siapkan 10 Pos pengamanan, terdiri dari 1 pos pelayanan, 7 Pos pengamanan dan 2 Pos Pantau, yang berdiri di titik-titik lokasi potensi terjadinya kerawanan," jelasnya.

Ada dua kegiatan utama yang menjadi fokus pengamanan Nataru, yaitu kegiatan ibadah Misa Natal 2022 dan malam perayaan pergantian tahun baru 2023.

Polda Metro Jaya mengerahkan Tim Penjinak Bom atau Jibom dalam rangka sterilisasi gereja menjelang perayaan Misa Natal malam ini, Sabtu (24/12/22). Ada sebanyak 1.385 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Gereja-gereja tersebut juga kita lakukan pengamanan berikut dengan kekuatan dari Polri, TNI, dan juga masyarakat, dan juga dari pengamanan dalam atau Pamdal kita libatkan. Di samping itu juga sebelum melakukan kegiatan peribadatan, dilakukan juga sterilisasi oleh jibom untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Endra Zulpan.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment