Kapolda Bersama Forkopimda Kalsel Tinjau Kesiapsiagaan Personel dalam Pengamanan Sejumlah Gereja di Banjarmasin

26 December 2022 - 09:08 WIB
Foto : Dok. Polda Kalsel
Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Pastikan keamanan pada saat Hari Raya Natal 2022, Kapolda Kalsel, Irjen. Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi, S.I.K., M.H., meninjau langsung sejumlah gereja di Banjarmasin, Sabtu (24/12/22).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kalsel turut didampingi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel, Danrem 101/Antasari, Kabinda Kalsel, Kepala BNNP Kalsel, Kakanwil Kemenag Kalsel dan Anggota Forkopimda lainnya.

Kapolda Kalsel bersama Gubernur dan rombongan, lakukan peninjauan di Gereja Katedral, Jalan Jenderal Sudirman, Gereja HKBP Banjarmasin di Jalan Lambung Mangkurat dan Gereja Katolik Hati Yesus Yang Maha Kudus di Jalan Veteran.

Baca Juga : Kapolda Maluku Bersama Pangdam XVI/Pattimura Pantau Langsung Pengamanan Natal di Sejumlah Gereja Kota Ambon

Kapolda Kalsel pastikan kesiapsiagaan para personel gabungan dalam melaksanakan pengamanan. Dimana pada setiap Gereja, ada belasan bahkan puluhan personel pengamanan yang disiagakan lengkap dengan alat pendeteksi metal di tiap pintu masuk gereja.

Kapolda Kalsel mengungkapkan, pelaksanaan Misa Natal di seluruh Gereja terpantau aman. Pasca meninjau situasi keamanan di gereja pada momen Misa Natal 2022, Kapolda Kalsel dan Forkopimda Kalsel juga meninjau Pos Induk Polresta Banjarmasin di samping Duta Mall Banjarmasin, Jalan A Yani Kilometer 2. Ini merupakan satu dari 33 pos yang terdiri dari 21 pos pengamanan dan 12 pos pelayanan yang khusus disiapkan untuk mengawal kondusifitas keamanan dan ketertiban Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Untuk seluruh wilayah Provinsi Kalsel melibatkan 2.100 personel tidak hanya Polri tapi termasuk TNI, Dishub, Dinkes, Satpol PP dan lainnya. Ini kami laksanakan sampai tanggal 2 Januari 2023," jelas Kapolda Kalsel, dilansir dari tribunnews.com, Sabtu (24/12/22).

Menyambut momen Tahun baru 2023, Kapolda Kalsel juga meminta masyarakat untuk waspada dengan situasi dan kondisi cuaca yang tengah kurang bersahabat.

"Kami mengimbau masyarakat harus memperhatikan keamanan dan keselamatan. Contoh cuaca sedang kurang bagus, jadi masyarakat harus waspada supaya terhindar dari bahaya," ungkap Kapolda Kalsel.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyatakan, bersyukur dengan koordinasi dan kerja sama baik antar seluruh instansi dan masyarakat, kondisi Kalsel dapat terkendali, aman dan kondusif.

"Imbauan kami tahun baru ini gembira tapi tetap kita utamakan kondisi dan situasi yang aman. 2022 adalah bahan sebagai introspeksi kita menghadapi 2023," ungkap Gubernur Kalsel.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment