Jelang World Water Forum ke-10, Garuda Wisnu Kencana Tutup pada 16-19 Mei

17 May 2024 - 11:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Destinasi wisata budaya, Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Kabupaten Badung, Bali, tutup sementara 16-19 Mei 2024 menjelang pelaksanaan World Water Forum ke-10.

“Kami akan buka kembali pada 20 Mei 2024,” ujar Direktur Operasional GWK Cultural Park Stefanus Yonathan Astayasa seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/5/24).

Dirops Stefanus menjelaskan penutupan sementara dilakukan untuk memberikan ruang kepada penyelenggara World Water Forum untuk melakukan persiapan karena GWK menjadi lokasi penyambutan dan makan malam para kepala negara dan delegasi penting World Water Forum.

Sedangkan pengelola wisata dengan ikon patung monumental itu juga melakukan peremajaan infrastruktur dan fasilitas termasuk pemeliharaan patung, pembersihan tebing, pengecatan ulang dan persiapan keamanan.

Berdasarkan data pengelola objek wisata seluas 60 hektare itu, rata-rata kunjungan hari biasa per hari mencapai sekitar 4.000 orang, sebanyak 20 persen di antaranya adalah turis mancanegara, sisanya sebesar 80 persen adalah turis domestik.

Di lokasi itu kerap digunakan sebagai tempat penyelenggaraan forum berskala internasional termasuk makan malam para pemimpin negara ekonomi terbesar dunia atau G20 pada November 2022.

Kawasan wisata itu memiliki area Plaza Wisnu, Lotus Pond dan Festival Park dengan luas mencapai 5.000 meter persegi berkapasitas sekitar 15 ribu pengunjung.

Selain itu, area Mandaloka seluas 1,4 hektare dengan kapasitas mencapai 30 ribu pengunjung.

Berdasarkan data sementara panitia nasional World Water Forum, rencana penyambutan dan makan malam kepala negara dan delegasi penting diadakan di GWK pada Minggu (19/5) mulai pukul 18.30-21.00 Wita.

Sebanyak delapan kepala negara dan 105 menteri pun dijadwalkan hadir.

(ndt/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment