Intip Pesona Wisata Taman Prasejarah Leang-leang di Maros

11 January 2023 - 08:20 WIB
Foto : travel.detik.com

Tribratanews.polri.go.idMaros. Salah satu destinasi wisata yang popular di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, adalah Taman Prasejarah Leang-leang. Tempat ini menawarkan wisata sejarah dan edukasi mengenai jejak kehidupan purbakala di masa lalu.

Dilansir travel.detik.com, Selasa (10/1/23), Taman Prasejarah Leang-leang ini menjadi salah satu pilihan wisata untuk liburan akhir pekan bersama keluarga dan anak-anak, karena selain berwisata, tempat ini juga bisa mengenalkan anak-anak dengan sejarah kehidupan purba masa lampau.

Baca juga : Inilah 3 Candi Terluas dan Terbesar di Indonesia

Saat berada di area wisata tersebut, pengunjung bisa melihat jejak-jejak peninggalan manusia purba yang usianya mencapai ribuan tahun. Seperti lukisan telapak tangan di dinding gua, gambar babi rusa, hingga penemuan berbagai fosil dan artefak purba.

Dihimpun dari beberapa sumber, secara administratif, Taman Prasejarah Leang-leang ini terletak di kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Letaknya tak jauh dari kawasan Taman Nasional Bantimurung, Maros.

Diketahui, objek wisata ini terletak di dalam Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, berada dalam gugusan pegunungan karst Maros-Pangkep yang merupakan kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou di China. Dalam bahasa setempat, kata Leang-leang berarti gua. Sinonim dengan kata liang yang berarti lubang.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment