Inilah Makanan Teraneh dan Terunik di Dunia

5 December 2022 - 17:40 WIB
Foto : indozone.id

Tribratanews.polri.go.id - Dunia ini memang mempunya beragam khas makanan, mulai dari yang terunik dan teraneh. Seperti di beberapa wilayah ada beberapa makanan yang terbilang tidak biasa. Karena makanan tersebut memiliki bau dari hasil fermentasi, bentuk bahkan terbuat dari bahan makanan yang tidak umum. Namun makanan tersebut justru menjadi ciri khas di sebuah negara.

Baca juga : Inilah 5 Danau Terluas Di Indonesia, 3 Diantaranya Ada di Sulawesi

Berikut ini beberapa makanan terunik dan teraneh di Dunia, Dilansir dari lifestyle.sindonews.com, Senin (5/12/2022).

1. Surstromming
Makanan asal Swedia ini disebut menjadi salah satu makanan paling bau di dunia. Tidak heran, karena surstromming merupakan ikan herring yang difermentasikan sehingga menimbulkan bau busuk.

Beberapa maskapai penerbangan bahkan melarang penumpangnya membawa surstromming karena karena baunya yang menyengat.

2. Stargazy Pie
Sekilas tidak ada yang aneh dengan pie yang berasal dari Cornish Mousehole, Inggris ini. Namun, alih-alih menggunakan ceri atau blueberry, pie stargazey justru menggunakan ikan mentah. Stargazy pie merupakan hidangan pai dengan kepala ikan yang menonjol keluar dengan posisi menghadap ke atas.

3. Casu Marzu
Keju basi ini merupakan makanan unik asal Italia. Hidangan ini cocok untuk pecinta keju yang ingin merasakan sensasi keju yang berbeda dari biasanya.

Casu marzu sejatinya merupakan keju pecorino, namun keadaannya yang membusuk dan ditempati oleh belatung. Casu marzu akan dihidangkan bersama dengan belatung. Sebagian besar negara melarang casu marzu untuk disantap karena dapat berakibat fatal.

4. Sup Kelelawar Buah
Makanan unik terakhir datang dari Pulau Palau di Pasifik. Negara tropis ini memang kaya dengan flora dan faunanya, termasuk menjadi habitat bagi kelelawar buah.

Sup kelelawar sempat menjadi makanan pokok masyarakat setempat. Kendati aneh, sup kelelawar memiliki sumber protein tinggi. Bagi sebagian orang, rasa sup kelelawar buah bisa menjadi perpaduan rasa yang lezat atau sebaliknya.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment