Inilah Makanan Khas Sulawesi Utara yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung

23 February 2024 - 07:15 WIB
indonesiakaya

Tribratanews.polri.go.id - Sulawesi Utara terutama di Kota Manado terdapat banyak makanan unik yang dijadikan sebagai makanan khas. Selain karena keindahan bawah lautnya, banyak wisatawan datang untuk mencicipi makanan khas Sulawesi Utara.

Ciri khas dari kuliner di provinsi atau kota ini adalah makanan lautnya atau seafood dengan bumbu otentiknya yang pedas, asin, dan asamnya.

Berikut ini beberapa makanan khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sulawesi Utara, dilansir dari traveloka, Rabu (21/2/24) :

1. Bubur Manado
Ini merupakan bubur yang dimasak dengan labu, bayam, kangkung, daun gedi, singkong, daun kemangi dan jagung. Selain itu, bubur manado juga dikenal dengan makanan khas Sulawesi Utara tinutuan.

Karena menggunakan labu, kuahnya akan berwarna kuning dan cukup kental. Biasanya bubur manado disantap dengan ikan asin atau ayam goreng sesuai selera. Bubur manado juga disantap dengan sambal roa agar lebih nikmat. Kamu dapat berkunjung ke Rumah Kopi Tikala untuk mencicipi bubur manado asli.

2. Mie Cakalang
Selain bubur manado, mie cakalang juga sangat terkenal di kalangan wisatawan. Seperti namanya, makanan ini adalah mie yang disajikan dengan kuah ikan cakalang.

Satu porsi mie cakalang terbuat dari mie kuning, ikan cakalang, kubis, daun bawang, bawang putih, caisim, bawang merah, dan cabai. Mie cakalang juga lebih enak disantap dengan sambal roa atau sambal ijo.

Baca Juga: Polda Kaltim Sebut 80 Persen Lakalantas Dialami Pengendara Roda Dua

3. Ayam Tuturuga
Kamu juga dapat mencoba ayam tuturuga. Ini merupakan olahan ayam yang dihidangkan dengan kuah santan. Cara masaknya hampir sama dengan opor ayam hanya saja kuah ayam tuturuga ini berwarna merah. Kuah tersebut dicampur dengan jeruk nipis dan cabai merah untuk memberikan rasa asam yang menyegarkan.

Untuk membuat kuah ayam tuturuga, perlu menggunakan jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, perasan jeruk nipis, garam, dan gula. Ayam tuturuga ini paling enak disantap dengan nasi hangat.

4. Sate Kolombi
Semua daerah memiliki sate yang khas, seperti sate madura, sate maranggi dan sate taichan. Begitupun dengan manado, terdapat sate yang bernama sate kolombi.

Jika biasanya sate terbuat dari daging ayam, sapi, dan kambing – makan sate kolombi terbuat dari daging keong emas. Biasanya sate ini disajikan dengan nasi hangat dan dapat disantap pada siang hari dan malam hari.

5. Cakalang fufu
Cakalang fufu merupakan makanan khas sulawesi utara yang terbuat dari ikan cakalang. Ikan cakalang ini kemudian dibumbui, diasapi, dan dijepit menggunakan kerangka bambu. Ini juga yang membuat cakalang fufu dimasak lebih lama yaitu sekitar 4 jam dan didinginkan selama 2 jam.

Agar lebih enak, cakalang fufu biasanya disajikan dengan sambal dabu-dabu dan nasi hangat.

6. Gohu manado
Makanan khas Sulawesi Utara selanjutnya ada Gohu Manado. Makanan yang satu ini merupakan asinan yang terbuat dari pepaya. Makanan ini biasanya disantap di siang hari yang cerah.

7. Brenebon
Manado juga memiliki brenebon, sup kacang merah yang dicampur dengan aneka sayuran. Brenebon disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Untuk membuat brenebon, kamu dapat menggunakan merica, gula, bawang putih, bawang merah, cengkeh, pala, dan garam.

Dulunya brenebon merupakan makanan belanda yang disebut bonen. Bonen artinya kacang dan bruine berarti coklat.

8. Pampis
Warga lokal dan wisatawan asing juga sangat menyukai pampis. Pampis merupakan ikan cakalang yang disuwir-suwir dan dihidangkan dengan nasi hangat. Selain ikan cakalang, pampis juga dapat dibuat dari ikan tongkol atau daging ikan yang sedikit tebal.

Hal yang membedakan pampis dengan cakalang fufu adalah proses memasaknya. Pampis dimasak kering tanpa campuran apapun selain bumbu dapur. Selain dimakan dengan nasi, pampis juga biasanya dijadikan isian panada dan lalampa.

9. Mujair Bakar Woku
Ini merupakan hidangan yang terbuat dari Ikan Mujair yang dicampur dengan bumbu woku. Woku biasanya terbagi menjadi dua versi yaitu woku daun dan woku belanga.

Ikan mujair ini nantinya akan diberi bumbu woku lalu dibakar. Biasanya mujair woku juga dimasak dengan cara digoreng. Untuk mencicipi menu ini kamu dapat berkunjung ke bambuden megamas.

10. Rica Roa
Rica roa merupakan hidang ikan roa yang diberi bumbu rica. Ikan roa sendiri merupakan ikan yang berbentuk pipih berwarna perak keabu-abuan.

Ikan roa kemudian diasapi lalu diolah menjadi sambal. Ikan roa harus dimasak kering dan garing.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment