Inilah Bunga Terlangka Di Dunia Nan Indah

28 February 2023 - 06:20 WIB
Wikipedia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bunga adalah bagian dari tumbuhan yang paling indah. Bunga bisa berbentuk macam-macam dengan warna-warna yang indah. Bunga berguna untuk mengundang lebah dan kupu-kupu untuk membantu proses penyerbukan. Tidak jarang, keindahan bunga dijadikan hiasan atau hadiah. Namun, ada beberapa spesies bunga yang sangat langka.

Baca juga : Bali Jadi Tempat Favorit Liburan Bersama Keluarga

Berikut bunga paling langka di dunia yang dilansir dari kompas.com, Senin (27/2/23).

1. Middlemist Red
Ini adalah spesies bunga yang termasuk ke dalam kelompok bunga Camelia. Bunga ini merupakan bunga asli China yang dibawa ke Inggris oleh John Middlemist padda tahun 1804. Bunga ini sangat langka. Bahkan, spesimennya hanya tersedia di dua negara, yaitu Selandia Baru dan Inggris.

2. Rafflesia arnoldii
Benga ini dikenal juga dengan nama bunga bangkai. Tidak hanya bunga paling langka di dunia, namun bunga ini juga merupakan bunga terbesar di dunia dengan berat mencapai 11 kilogram. Bunga ini hanya ditemukan tumbuh di Indonesia dan Malaysia.

3. Ghost orchid
Bunga yang biasa disebut anggrek hantu ini adalah salah satu bunga paling langka di dunia. Bunga ini dinamakan anggrek hantu karena bentuk kelopak bunganya yang unik. Bunga ini bisa ditemukan di Florida, Kuba dan Bahama.

4. Chocolate cosmos
Bunga cantik ini bisa ditemukan di Meksiko. Saat ini bunga berwarna coklat ini sudah berstatus punah. Bunga ini sangat unik. Tidak hanya memiliki warna coklat, namun juga memiliki aroma seperti cokelat.

5. Gibraltar Campion
Sesuai namanya, bunga ini merupakan bunga asli dari Gibraltar. Warna bunganya bervariasi dari ungu hingga merah muda. Awalnya bunga ini sempat dinyatakan punah, namun ditemukan kembali pada tahun 1992.

6. Bunga bangkai
Bunga satu ini merupakan spesies yang berbeda dengan bunga bangkai sebelumnya, namun sama-sama mengeluarkan aroma busuk ketika mekar. Namun, merupakan bunga asli Indonesia.

Bunga ini memiliki nama latin Amorphophallus titanum. Bunga ini sangat langka karena hanya akan mekar 7 sampai 8 tahun sekali.

7. Jade vine
Bunga ini sebenarnya masuk ke dalam tanaman kacang-kacangan. Bunga ini merupakan bunga dari Filipina dengan warna biru seperti batu giok.

Bentuk bunganya unik seperti bentuk cakar. Saat ini, bunga jade vine mulai banyak dikembangkan menjadi tanaman hias.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment