Inilah Beberapa Makanan Khas Dari Gorontalo

28 February 2024 - 18:00 WIB
cookpad

Tribratanews.polri.go.id - Bagi yang sedang berada di Gorontalo, jangan sampai dilewatkan untuk mencicipi makanan khas Gorontalo.

Menikmati makanan khas Gorontalo akan merasakan kekayaan alam setempat, salah satunya tuna. Sebagian makanan khas Gorontalo juga telah dikenal sejak zaman kerajaan.

Inilah beberapa makanan khas Gorontalo yang wajib dicicipi ketika berkunjung, dilansir dari kompas, Rabu (28/2/24).

1. Binte Biluhuta
Binte Biluhuta adalah sejenis Milu Siram atau Sup Jagung. Dalam bahasa Indonesia Binte artinya Jagung, sedangkan orang Gorontalo sering menyebut Milu. Biluhuta berarti disiram, dalam arti nama menjadi jagung yang disiram.

Binte Biluhuta merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan, dan udang. Bahan-bahan tersebut diracik hingga menghasilkan masakan dengan cita rasa manis, asin, dan pedas.

Baca Juga: Dukung Efektivitas dan Efisiensi Pelayanan, Kapolda Jabar Resmikan SPKT dan Gedung Etle di Polres Karawang

Menurut cerita para orang tua di Gorontalo, Binte Biluhuta telah ada sejak abad ke-13, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Tatolodula daa (Ilahudu).

2. Sate Tuna
Sate tuna banyak dijumpai di dekat pantai di Gorontalo, salah satunya Pantai Lahilote. Sekilas, sate tuna mirip dengan sate kambing atau ayam namun tekstur dagingnya sangat lembut.

3. Ilabulo
Ilabulo adalah makanan khas Gorontalo yang mirip dengan pepes. Namun Ilabulo berbeda dari pepes di Jawa Barat. Ilabulo merupakan makanan yang dibuat dari proses adonan. Dimana, adonana Ilabulo terdiri dari jeroan (hati dan ampela) dan kulit ayam.

Terkadang, adonan ditambah telur puyuh dan lemak sapi. Adonan tersebut ditambah sagu dan bumbu pedas serta dibungkus daun pisang. Proses masaknya dikukus atau dibakar.

4. Bilentango
Bilentango merupakan makanan yang berbahan dasar ikan mujair. Ikan sebagai bahan baku dibakar menggunakan bumbu rempah, seperti kemiri, bawang merah, tomat, bawang putih, maupun cabai.

Bilentango biasanya disajikan dengan nasi hangat dengan taburan irisan cabe, kemangi, daun bawang, dan sambal roa yang gurih dan pedas.

5. Sayur Putungo
Sayur putungo adalah makanan khas Gorontalo yang bahan utamanya adalah jantung pisang. Jantung pisang tersebut diolah menggunakan aneka bumbu dan ikan. Sayur putungo biasanya dimakan bersama nasi putih.

6. Kue Karawo
Kue Karawo adalah makanan khas Gorontalo. Karawo adalah nama sulaman di Gorontalo.

Kue khas oleh-oleh Gorontalo ini memiliki wujud untaian sulaman Karawo. Kue karawo merupakan kue kering berukuran kecil yang berbentuk bulat atau hati. Bahan dasar kue sama dengan kue lebaran pada umumnya.

Perbedaannya, kue karawo ditambahi dengan hiasan warna-warni dengan corak bunga maupun dedaunan.

7. Tili Aya
Tili Aya adalah kue yang terbuat dari campuran gula merah, telur, dan santan. Kue tili aya berfungsi sebagai penahan dahaga pada awal puasa, dimana banyak orang yang kesulitan menahan rasa haus dan lapar yang teramat sangat.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment