Mudik Bawa Hewan Peliharaan, Berikut Tipsnya

8 April 2023 - 17:41 WIB
Kompas
Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Membawa hewan peliharaan saat mudik memiliki cara tersendiri. Anda tidak perlu cemas untuk membawa hewan peliharaan karena ada beberapa tips.

Berikut tips mudik bawa hewan peliharaan dilansir dari rri.co.id, Sabtu (8/4/23):

1. Pastikan kesehatan hewan
Pastikan hewan dalam kondisi sehat dan bersih. Pastikan juga hewan sudah melakukan vaksinasi secara lengkap dan sudah diberikan obat cacing secara rutin agar antibodi hewan lebih kuat.

2. Siapkan pet cargo
Dengan per cargo hewan akan mudah untuk bergerak selama di perjalanan. Pastikan pula pet cargo yang dibawa memiliki cukup udara agar hewan dapat bergerak dan tentunya bersih.

3. Sediakan makan dan minum yang cukup
Pastikan menyimpan makanan dan minuman di tempat yang mudah dijangkau. Disarankan untuk memberi makanan basah agar mengurangi kemungkinan dehidrasi.
Baca Juga:  Bikin Ngiler! Nikmatnya Makanan Indonesia yang Mendunia
4. Cek udara dalam mobil
Jika membawa hewan peliharaan menggunakan mobil pribadi, pastikan untuk menerapkan suhu dingin di dalam mobil. Hewan rawan untuk mengalami heat stroke atau peningkatan suhu tubuh secara drastis.

5. Berikan waktu istirahat
Disarankan untuk berhenti, setidaknya setiap dua hingga tiga jam untuk memberi hewan peliharaan kesempatan meregangkan tubuhnya. Selain itu, dengan beristirahat juga mengurangi stres atau gelisah hewan peliharaan.

6. Siapkan perlengkapan hewan
Perlengkapan seperti obat-obatan, mainan kesukaan, kantong sampah harus ada selama perjalanan. Begitu juga tempat makan dan kotak P3K hewan peliharaan juga tidak boleh absen ketika mudik.

(ek/pr/um)
 

Share this post

Sign in to leave a comment