[Disinformasi] Rombongan Jemaah Calon Haji dari Indonesia Kloter 14 Terlantar di Madinah

19 June 2023 - 09:00 WIB
Foto Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Beredar sebuah postingan video di Tiktok dengan klaim bahwa rombongan jemaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam kloter 14 asal Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan terlantar di Kota Madinah, Arab Saudi.

Dalam postingan tersebut sang pengunggah video tiktok tersebut menyebutkan rombongan jemaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam kloter 14 asal Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan terlantar di Kota Madinah, Arab Saudi.

Faktanya dilansir dari jalahoaks.jakarta.go.id, klaim yang menyebutkan bahwa rombongan jemaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam kloter 14 terlantar di Kota Madinah, Arab Saudi adalah informasi hoaks.

Baca Juga:  Polri Bersama Aparat Gabungan Tutup Ratusan Tambang Minyak Ilegal di Musi Banyuasin

Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan Mawardi Sirajuddin menjelaskan bahwa rombongan jemaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam kloter 14 tersebut bukan dipaksa keluar dari hotel, melainkan akan dipindahkan ke hotel lain.

Terdapat kesalahpahaman antara pihak hotel dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sehingga informasi rencana perpindahan hotel tersebut belum sampai ke rombongan jemaah calon haji. 

Disisi lain sang pengunggah video telah meminta maaf karena hal yang disampaikannya merupakan suatu kesalahpahaman.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment