Hoax! Vladimir Putin Terkejut Presiden Jokowi Umumkan Boikot Uni Eropa

7 March 2023 - 06:40 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan judul “Putin Langsung Kaget, dengan Berani Jokowi Resmi Umumkan Boikot Uni Eropa-Embargo minyak Rusia”.

Dalam video tersebut terdapat narasi bahwa Indonesia ancam boikot Uni Eropa (UE) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia mempertimbangkan akan memboikot beberapa produk UE.

Baca juga : Hoax! Video Rusia Turunkan RIbuan Pasukan ke Cina untuk Lindungi TNI

Faktanya berdasarkan penulusuran cekfakta.tempo.co, video yang beredar di Facebook dengan narasi Vladimir Putin kaget Presiden Joko Widodo resmi umumkan boikot Uni Eropa” adalah informasi palsu/hoax.

Rencana boikot produk UE yang disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan adalah berkaitan dengan kebijakan UE yang akan menghentikan penggunaan minyak sawit untuk biodiesel karena dianggap ekspansif dan merusak lingkungan hidup. 

Dalam pernyataan tersebut Luhut Binsar Pandjaitan tidak ada mengkaitkan dengan embargo minyak Rusia yang dilakukan UE sebagai sanksi atas Rusia yang menginvasi Ukraina yang berlangsung sejak tanggal 24 Februari 2022.

(as/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment