Hoax! SBY dan Surya Paloh Tuntut KPK Tangkap Ganjar Karena Terlibat Korupsi

25 May 2023 - 08:00 WIB
Foto: Cekfakta.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar video di YouTube dengan klaim Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh meminta KPK menangkap Ganjar Pranowo karena terlibat kasus korupsi dan suap. Video tersebut diunggah oleh akun Gajah Mada TV pada 19 Mei 2023.

Video yang beredar di Youtube tersebut berisikan narasi “Mengejutkan! Sore Ini Sby & Surya Paloh Minta Kpk Tangkap Ganjar Karena Terlibat Korupsi & Suap?”

Baca Juga:  Meta Indonesia Bagikan Tips ke Jajaran Humas Polda Agar Konten Medsos Menarik untuk Masyarakat

Faktanya, video berdurasi 8 Menit 4 detik tersebut merupakan informasi palsu/hoax. Pada thumbnail video tersebut juga terlihat foto Ganjar Pranowo menggunakan rompi orange tahanan KPK yang merupakan hasil suntingan/editan. Selain itu, pada pencarian melalui Google dengan kata kunci “SBY dan Surya Paloh minta KPK tangkap Ganjar,” tidak ditemukan pemberitaan terkait hal tersebut.

Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 21.000 kali itu juga tidak ada pembahasan terkait SBY dan Surya Paloh meminta KPK untuk menangkap Ganjar Pranowo akibat terlibat kasus korupsi dan suap. Narasi pada video tersebut hanya membacakan isi artikel detak.com berjudul “Anies Baswedan Optimistis Menang di Jateng, Jatim dan Yogyakarta” yang terbit pada 19 Mei 2023.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment