[Hoax] Presiden Jokowi Lantik Ahok Sebagai Kepala Badan Otorita IKN

15 June 2023 - 22:00 WIB
Foto: kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar sebuah postingan video di Facebook dengan klaim Presiden Joko Widodo melantik Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Dalam postingan tersebut turut disertai judul “M4ntap❗❗❗ Resmi Di L4ntik Hari Ini❗Jokowi Menunjuk Ahok Untuk Mem1mpin Ikn❗”. Dalam Thumbnail video yang ditampilkan terdapat gambar Presiden Jokowi sedang berjabat tangan dengan Ahok yang menggunakan seragam pelantikan di Istana Negara, Jakarta.

Faktanya: Gambar yang ditampilkan dalam video merupakan momen saat Presiden Jokowi melantik Ahok sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada 19 November 2014 seperti dilansir dari Kompas.com. Narasi yang dibacakan dalam video bersumber dari artikel yang telah diunggah oleh kaltim.tribunnews.com pada 13 Maret 2020.

Baca Juga:  Waspada! Pinjol Modus Baru Digunakan untuk Danai Kelompok Teroris

Sementara, di sisi lain, tidak ada informasi kredibel yang membuktikan atau menunjukkan Presiden Jokowi Melantik Ahok sebagai Kepala Otorita IKN.

Kesimpulan: Video dengan klaim Presiden Jokowi Lantik Ahok Sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) adalah tidak benar/ Hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment