Hoax! Indonesia Uji Coba Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

22 January 2023 - 06:40 WIB
TurnBackhoax.id

Tribratanews.polri.go.id - Beredar sebuah video postingan di sosial media Tiktok, milik Akun TikTok @Lore Militer membagikan video dengan klaim Indonesia melakukan uji coba peluru kendali bertenaga nuklir karya anak bangsa.

Baca juga : Disinformasi, Video Penyelundupan Narkoba dalam Buah Kelapa Muda dari Cina

Dalam video disebutkan bahwa Indonesia sedang melakukan uji coba Torpedo SUT yang dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia. dan Video yang mengklaim Indonesia Uji Coba Peluru Kendali Bertenaga Nuklir ini adalah Hoax

Dilansir dari Turnbackhoax.id Setelah dilakukan penelusuran, narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel yang diunggah Bisnis.com dengan judul “Mengenal Torpedo SUT Buatan DirgantaraIndonesia".

Torpedo SUT (Surface and Underwater Target) buatan PT Dirgantara Indonesia ini menjalani uji tembak dari KRI Cakra-401 saat Latgab TNI Juni 2008. Senjata taktis ini pun sukses menghantarkan eks-KRI Karang Galang ke peraduan terakhirnya di dasar laut.

Berbeda dengan klaim yang menyebut bahwa peluru kendali tersebut bertenaga nuklir, Torpedo SUT ini digerakkan dengan tenaga motor listrik.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment