Hoax! Dokter Tompi Temukan obat Papiloma dan Skin Tag yang Sulit Dicari

8 February 2023 - 19:20 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Ramai di media sosial Instagram terkait postingan yang mengklaim, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP-RE. alias Tompi telah menemukan obat Papiloma dan skin tag yang sulit dicari. Unggahan tersebut disertai dengan foto dr. Tompi dan logo media CNN Indonesia.

Faktanya dari penulusuran Kompas.com, Rabu (8/2/23), dr. Tompi melalui akun Instagram resminya telah menginformasikan, bahwa unggahan tersebut merupakan hoax/salah.

Baca juga : Hoax! Video Pencobaan Penculikan Anak di Natar

Mengutip dari Kamus Kesehatan Daring Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Human Papillomavirus (HPV) adalah virus yang hidup di sel kulit yang bisa menginfeksi dan menimbulkan kutil. Adapun skin tag yang merupakan daging tumbuh yang mirip dengan kutil, sebagaimana dijelaskan Rumah Sakit Ciputra. 

Selama ini penemuan salep atau krim untuk mengobati daging tumbuh belum ditemukan. Penanganan secara mandiri terhadap daging tumbuh juga tidak disarankan.

Dilansir dari Kominfo.go.id, masyarakat dengan daging tumbuh disarankan berkonsultasi kepada dokter. Karena hanya dokter yang bisa mempertimbangkan untuk melakukan operasi kecil, biopsi atau prosedur lain untuk menanganinya.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment