Hoax! Bensin Pertamax Berisikan Pertalite

13 March 2023 - 07:40 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ramai sebuah pesan berantai berisikan video yang memperlihatkan seorang petugas SPBU mengisi cairan ke dalam dua buah botol dari selang yang berwarna biru dan putih. 

Pesan berantai yang ramai di WhatsApp itu disertai klaim narasi yang menjelaskan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax saat ini ternyata berisi jenis Pertalite.

Baca juga : Hoax! Video Mobil Dinas Gubernur DKI Jakarta Diserang Warga

Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat Yudy Nugraha menjelaskan pihaknya telah melakukan uji lab sampel cairan setelah menerima pengaduan pelanggan mengenai video tersebut.

Hasil uji menunjukkan bahwa kandungan kedua cairan dari nozzle tersebut berisi Pertamax dan Pertalite. Kedua cairan tersebut sudah sesuai standar RON Pertalite 90.2 dan Pertamax 92. Warna BBM Pertamina jenis Pertalite dan Pertamax berbeda walaupun sekilas terlihat mirip

Faktanya dilansir dari cnnindonesia.com, perbedaan warna pada bahan bakar tersebut adalah Pertamax berwarna biru kehijauan, sedangkan Pertalite berwarna hijau terang. serta warna pada BBM pertamina hanya berfungsi sebagai penanda visual.

(as/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment