[Hoaks] Vaksin Covid-19 Dapat Menular Melalui Hubungan Seksual

11 October 2023 - 08:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Twitter dengan klaim bahwa vaksin Covid-19 dapat menular melalui hubungan seksual. Unggahan video tersebut diberi keterangan "Don't have sex with a vaccinated person Final Warning" dan menampilkan gambar mikroskopis darah yang diklaim diambil dari seseorang yang tidak divaksin Covid-19 tetapi melakukan hubungan seksual dengan orang yang telah divaksin.

Faktanya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi membantah klaim vaksin Covid-19 dapat menular melalui hubungan seksual dan menyatakan bahwa vaksin bekerja untuk meningkatkan kekebalan serta melatih imunitas tubuh.

Baca Juga:  [Disinformasi] KPK Temukan Uang Korupsi Formula E Saat Geledah Kantor JakPro

Profesor Bedah dan Onkologi Wayne State University, Amerika Serikat David Gorski juga menyatakan bahwa vaksin Covid-19 dapat menular melalui hubungan seksual merupakan hal yang tidak masuk akal.

Disisi lain, Direktur Vaccine Education Center Paul Offit juga membantah klaim vaksin Covid-19 dapat menular melalui hubungan seksual.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment