[HOAKS] Tommy Winata Bagi-Bagi Rp50 Juta untuk yang Sudah Follow Akun TikToknya

26 September 2024 - 06:45 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Tiktok sebuah video yang mengeklaim Tommy Winata, pemilik PT. Artha Graha membagikan Rp50 juta bagi yang telah mengikuti akun TikToknya.

Video tersebut menulis narasi "Alhamdulillah atas melimpahnya rezeki yang Allah berikan kepada saya hari ini saya InsyaAllah berbagi rezeki di akun tiktok yang baru ini bagi siapa saja yang kebetulan menemukan postingan ini sayakirim 50 Juta langsung jika anda sudah follow..." Video berdurasi 00.36 detik ini telah disukai sebanyak 16,9 ribu dan dibagikan ulang sebanyak 11.9 ribu kali.

Namun faktanya, melansir dari turnbackhoax.id, Selasa (24/9/24), berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap audio di video yang diunggah sumber klaim menggunakan situs elevenlabs.io, didapatkan hasil 83% audio tersebut kemungkinan dibuat oleh elevenlabs.io.

Video TikTok tersebut merupakan hasil editing artificial intelligence (AI) yang diambil dari kanal YouTube Tommy Winata yang diunggah pada September 2015 berjudul“Konservasi Alam TOMMY WINATA”.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment