[Hoaks] The Lancet Menghapus Makalah tentang Kematian Akibat Vaksinasi Covid-19 sebagai Bagian Rencana Jahat

17 July 2023 - 08:00 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar sebuah postingan di Facebook denga informasi bahwa aparat menemukan tumpukan daging manusia di jet pribadi milik pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang.

Video tersebut disertai judul "Aparat Temukan Tumpukan Daging M4nusi4 Di Jet Pribadi Panji Gumilang.."

Baca Juga: Kualitas Udara di Jakarta Buruk, Pemerintah Sarankan Warga Pakai Masker

Faktanya, . Berdasarkan hasil penelusuran cekfakta.tempo.co, makalah tersebut baru sampai pada tahap pracetak yang diajukan untuk ditinjau, tetapi tidak lolos karena melanggar kriteria editorial The Lancet, sebuah jurnal medis terkemuka. Makalah tersebut bukanlah studi yang resmi dipublikasikan oleh The Lancet.

Akibatnya, makalah tersebut belum sampai ke tahap peninjauan oleh rekan sejawat (peer-review), sebagaimana tahapan umum dalam proses penelitian untuk memastikan kualitas ilmiah akademisnya.

Turut Dilansir dari SSRN, sebuah situs terbuka yang memuat makalah pracetak, dijelaskan bahwa naskah berjudul "A Systematic Review of Autopsy Findings in Deaths after COVID-19 Vaccination" tersebut telah dihapus The Lancet karena kesimpulan penelitian tidak didukung dengan metodologi penelitian.

Dapat dipastikan video yang beredar di Facebook tersebut merupakan informasi palsu/hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment