[Hoaks] Terjadi Demo Rusuh di Gedung KPU, Ribuan Mahasiswa Tolak Gibran Jadi Cawapres

12 December 2023 - 07:15 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Trirbratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingtan video di Youtube yang di klaim sebagai kejadian mencekam di depan gedung Komisi Pemilihan Umum yang diakibatkan ribuan mahasiswa demo untuk mendesak KPU untuk menolak Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Faktanya, Video tersebut merupakan potongan video dari demonstrasi terkait penolakan UU Cipta Kerja tahun 2022 yang diunggah oleh oleh bbc.com pada 9 Oktober 2020.
Baca Juga: Polda Banten Imbau Kembali Warga Pesisir Waspada Erupsi Gunung Anak Krakatau

Dalam video aslinya tersebut, terdapat ribuan buruh dan mahasiswa merobohkan pagar kompleks Gedung DPRD Jawa Tengah (Jateng) saat berunjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja Omnibus Law yang telah disahkan oleh DPR RI di depan Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dapat dipastikan video yang beredar di Youtube dengan klaim sebagai kejadian mencekam di depan gedung Komisi Pemilihan Umum yang diakibatkan ribuan mahasiswa demo untuk mendesak KPU untuk menolak Gibran Rakabuming Raka menjadi Cawapres merupakan hoaks/keliru.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment