[HOAKS] Saat Gelombang Panas, Meminum Air Dingin Dapat Memicu Stroke

22 May 2024 - 06:45 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Facebook sebuah unggahan yang mengeklaim penyakit stroke dipicu karena minum air dingin saat gelombang panas melanda Indonesia.

Unggahan tersebut dilengkapi dengan narasi yang menyebutkan bahwa Indonesia akan terkena gelombang panas dengan suhu 40-50 derajat dan disarankan agar tidak minum air dingin karena dapat menyebabkan penyakit stroke.

Baca Juga: Taklukkan Denver Nuggerts, Denver Timberwolves Melaju ke Final Wilayah Barat NBA

Namun faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari liputan6.com, Sabtu (18/5/24), dr. Muhammad Fajri Addai menjelaskan, bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan penyakit stroke disebabkan suhu panas lalu meminum air dingin.

Lebih lanjut, minum air dingin dengan jumlah sedikit diperbolehkan untuk menstabilkan suhu panas karena jika dalam cuaca panas, minum air panas akan membuat panas tubuh.

Tak hanya itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menegaskan berdasarkan karakteristik dan indikator statistik pengamatan suhu saat ini fenomena cuaca panas yang terjadi di Indonesia bukan merupakan gelombang panas atau heatwave.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment