[Hoaks] Presiden RI Joko Widodo Mengundurkan Diri dari Jabatannya Berkaitan dengan Pilpres 2024

24 December 2023 - 14:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Trirbatanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Youtube dengan thumbnail dan narasi yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan presiden.

Faktanya, ideo tersebut merupakan hasil suntingan dari beberapa cuplikan demonstrasi yang salah satunya berjudul “Demo Aksi Massa 411 Tuntut dan Desak Presiden Jokowi Mundur #BuletiniNewsPagi 05/11” yang tayang di kanal YouTube Buletin iNews, pada 5 November 2022. 

Baca Juga: Menko PMK Didampingi Mentri Perhubungan dan Kakorlantas Tinjau Kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni

Dalam video berdurasi 7 menit 57 detik tersebut, tidak ada pernyataan Presiden Joko Widodo terkait pengunduran dirinya dan tidak berkaitan dengan Pilpres 2024.

Hingga 18 Desember 2023, Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Hal ini dikonfirmasi melalui laman setneg.go.id, di mana Presiden Joko Widodo sedang memimpin empat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Hotel The Okura, Tokyo, pada 17 Desember 2023.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment