[Hoaks] Pondok Pesantren Al-Zaytun Disegel Polisi

4 July 2023 - 09:45 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, disegel polisi. Dalam thumbnail video tersebut terdapat gambar yang menampilkan sejumlah polisi yang sedang menangkap pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang.

Faktanya, berdasarkan hasil penelusuran kompas.com, gambar pada thumbnail video identik dengan foto dalam artikel detik.com berjudul "Kabareskrim Sarankan Ortu Tarik Anaknya dari Ponpes Shiddiqiyah Jombang".

Foto asli gambar tersebut merupakan foto Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi yang merupakan terdakwa kasus pemerkosaan terhadap santriwati di Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton Minal Iman Shiddiqiyyah, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga:  [Hoaks] Wakil Presiden Ma'ruf Amin Bongkar Kebohongan Presiden Jokowi

Dalam narasi video tersebut, narator hanya membacakan artikel dari depok.suara.com berjudul “Panji Gumilang Remehkan Tudingan Penistaan Agama dan Pelecehan Seksual, Pendiri Al-Zaytun Jawab Santai: Itu Ngayal.." Artikel tersebut memuat pernyataan Panji Gumilang yang membantah soal tuduhan penistaan agama.

Disisi lain sang narator juga hanya membacakan artikel di laman bandung.viva.co.id berjudul "Alumni Ponpes Al Zaytun Bongkar Adzan Nyeleneh: Ada di Zaman Saya Saat Mau Lulus".

Artikel tersebut memuat pernyataan salah satu alumnus Ponpes Al-Zaytun terkait cara azan yang nyeleneh. Sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid soal penyegelan Ponpes Al-Zaytun.

Kesimpulan, video di Facebook dengan klaim Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, disegel polisi adalah tidak benar/ hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment