[HOAKS] Penipuan Panitia Penyelenggaraan HUT Ke-268 Yogyakarta

9 October 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Instagram sebuah unggahan yang menyebutkan bahwa ada masyarakat yang melaporkan terkait kejadian penipuan. Unggahan tersebut dikirim oleh warganet melalui akun @devitapranin yang isinya menginformasikan penipuan kegiatan senam, jalan sehat dan sepeda gembira di Alun Alun Selatan dengan mengatasnamakan HUT ke-268 Kota Yogyakarta.

Dijelaskan juga dalam keterangan unggahan foto tersebut bahwa acara seharusnya mulai jam 06.00 tetapi hingga saat ini belum ada kejelasan. Namun faktanya, melansir dari rri.co.id, Senin (7/10/24), informasi tersebut tidak benar. Diketahui informasi kegiatan olahraga pada Minggu (6/10/2024) yang berlangsung di seputaran wilayah sumbu filosofi Yogyakarta adalah Malioboro Run yang diselenggarakan oleh Bank BPD DIY.

Pada hari yang sama, akhirnya pihak pemerintah Kota Yogyakarta memberikan keterangan melalui postingan Instagram Story di akun @pemkotjogja yang bunyinya, "Sehubungan dengan adanya informasi terkait acara Jalan Sehat, Senam dan Sepeda Gembira, kami menegaskan bahwa Pemkot Yogyakarta tidak berafiliasi dengan kegiatan tersebut sehingga dampak yang mungkin timbul dari pelaksanaan kegiatan tersebut di luar tanggungjawab Pemkot Yogyakarta".
(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment