[Hoaks] MURI Berikan Penghargaan Kepada Menhan Prabowo Atas 3 Kali Beruntun Kalah Dalam Capres

19 January 2024 - 09:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar sebuah unggahan foto di media sosial TikTok yang mengeklaim Museum Rekor Muri Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Prabowo Subianto karena kalah tiga kali beruntun sebagai calon presiden (capres).

Faktanya, unggahan foto yang beredar adalah hasil dari manipulasi yang dibuat secara sengaja. Unggahan yang beredar identik dengan artikel yang diunggah oleh tribunnews.com pada 26 April 2014 berjudul "Prabowo Dapat Rekor MURI Kategori Capres yang Mampu Capai Ketinggian 3000 Mdpl Puncak Everest".

Baca Juga: Selamatkan Ratusan Ribu Masyarakat dari Bahaya Narkoba, Polda Sumut Musnahkan 57,77 Kg Sabu dan 10 Kg Ganja

Disisi lain, berita sama termuat dalam laman detik.com berjudul "PRIDE Pecahkan Rekor MURI sebagai Relawan Politik Pertama yang Gunakan AI" yang tayang 1 Januari 2024.

PRIDE sendiri merupakan Relawan Prabowo-Gibran Digital Team yang memecahkan MURI sebagai Relawan Politik Pertama yang Menggunakan Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence (AI).

Dapat dipastikan klaim yang menyebutkan MURI memberikan penghargaan kepada Prabowo Subianto karena kalah tiga kali beruntun sebagai capres adalah keliru

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment