[Hoaks] Menhan Prabowo Subianto Terbukti Suap MK dan KPU agar Menangi Pilpres 2024

7 December 2023 - 14:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Youtube dengan klaim bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah terbukti melakukan suap kepada Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam postingan tersebut turut disertai thumbil yang menampilkan narasi bahwa Prabowo menyuap senilai Rp500 miliar per orang.

Faktanya, dari pengamatan menonton video tersebut hingga akhir tidak ada informasi yang menyatakan bahwa Prabowo Subianto telah menyuap MK ataupun KPU senilai Rp500 miliar.

Baca Juga: Empat Orang Anak Ditemukan Tewas di Jagakarsa, Polisi: Pelakunya Diduga Orangtua Korban

Dilansir dari kompas.com, judul video tersebut tidak sesuai dengan isinya. Thumbnail video tersebut merupakan hasil rekayasa dari foto yang pernah terbit di detik.com berjudul "Barang Bukti Kasus Edhy Prabowo: Jam Rolex, Tas LV, hingga Sepeda".

Video tersebut hanya potongan dari beberapa video yang salah satunya adalah video ketika Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid yang menyayangkan munculnya uang pecahan Rp20.000 yang berstempel Prabowo.

Sang Narator hanya membacakan ulang artikel cnnindonesia.com yang berjudul "Beredar Uang Berstempel Prabowo, TKN Imbau Laporkan Bawaslu".

Dapat dipastikan video yang beredar di Youtube mengenai Menhan Prabowo menyuap KPU dan MK merupakan informasi palsu/hoax.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment