[HOAKS] Menhan Prabowo Subianto Gagal Dilantik Menjadi Presiden dan Digantikan Gibran

24 June 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Youtube sebuah unggahan video yang mengeklaim calon wakil presiden (cawapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka secara resmi menggantikan calon presiden (capres) terpilih Prabowo Subianto sebagai presiden dikarenakan dirinya gagal dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "TEPAT MALAM INI‼️PRABOWO GAGAL DILANTIK, GIBRAN AKAN AMBIL ALIH KURSI PRESIDEN DARI PRABOWO".

Namun faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Melansir dari turnbackhoax.id, Sabtu (22/6/24), isi video yang beredar hanya membahas mengenai pegiat media sosial Jhon Sitorus yang merasa cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka seolah melangkahi Prabowo Subianto sebagai capres terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi kredibel yang menyebutkan Gibran Rakabuming Raka akan menggantikan menjadi Presiden karena Prabowo Subianto gagal dilantik oleh MPR. Selain itu, pelantikan capres terpilih Prabowo Subianto akan dilakukan pada 20 Oktober 2024.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment