[HOAKS] Mantan Menkes Promosikan Obat Diabetes di Kompas TV

17 October 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Facebook sebuah unggahan video yang menampilkan Terawan Agus Putranto, mantan Menteri Kesehatan tahun 2019-2020, sedang mempromosikan obat diabetes dan disiarkan oleh KompasTV.

Namun faktanya, melansir dari turnbackhoax.id, Senin (14/10/24), berdasarkan hasil penelusuran jika diperhatikan lebih teliti, gerak bibir dan suara Terawan Agus Putranto dalam video tersebut tidak sinkron.

Hasilnya, audio itu memiliki probabilitas 98% sebagai konten buatan Artificial Intelligence (AI). Video asli ditemukan di kanal YouTube Gavi, the Vaccine Alliance dengan judul “GVS2020 – GVS | Hon Lt Gen TNI (ret) Dr Terawan Agus Putranto, Minister of Health, Indonesia”.

Dalam video tersebut, Terawan sedang menghadiri Global Vaccine Summit 2020 secara daring untuk mewakili Indonesia. Terawan menyampaikan apresiasi Indonesia terhadap kerja sama global dalam vaksinasi, komitmen pembiayaan imunisasi berkelanjutan, serta kesiapan negara dalam pengembangan dan produksi vaksin COVID-19.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment