[HOAKS] Hasil Persilangan Harimau dan Anjing Laut

22 July 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Tiktok sebuah unggahan yang mengeklaim adanya sebuah video yang menampilkan seekor binatang dengan wajah harimau namun berbadan anjing laut. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyebutkan bahwa hal itu merupakan hasil persilangan antara hewan harimau dengan anjing laut. Video tersebut diunggah pada 11 Juli 2024 dan telah dilihat sebanyak 4,4 juta tayangan.

Namun faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari turnbackhoax.id, Sabtu (20/7/24), setelah ditelusuri menggunakan Hive Moderation yang merupakan pendeteksi AI dan ditemukan hasil video tersebut memiliki probabilitas 53,6%. Besar kemungkinan video tersebut hasil suntingan digital.

Jika diperhatikan, banyak kejanggalan yang ada dalam video tersebut, misalnya di antara kerumunan orang nampak satu kaki yang muncul secara tiba-tiba di tengah sepasang kaki lainnya. Satu kaki yang mengenakan celana biru bergerak ke tengah, kemudian kaki tersebut menyatu dengan lainnya. Dengan demikian video yang menyebutkan hasil persilangan harimau dan anjing laut adalah tidak benar. Video tersebut merupakan video manipulatif hasil dari AI.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment