[HOAKS] Tinta Tak Kasat Mata di Dalam Vaksin

22 July 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Instagram sebuah unggahan yang mengklaim bahwa tinta tak kasat mata dimasukkan ke vaksin. Pekerjaan ini didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation karena permintaan langsung dari pendiri Microsoft dan filantropis Bill Gates.

Namun faktanya, klaim tersebut tidak benar. Melansir dari tempo.co, Jumat (19/7/24), epidemiolog Indonesia dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa narasi-narasi tersebut sudah lama beredar yang disebarkan oleh kelompok penganut teori konspirasi.

Video yang melihatkan seseorang menempelkan magnet pada lengan yang disuntik vaksin menunjukan bahwa ada chip yang dimasukan ke dalam tubuh adalah tidak benar. Tidak ada komponen magnetik dalam vaksin.

Ia menyebutkan, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa vaksin mengandung tinta tak kasat mata atau alat deteksi. Terkait keterlibatan Bill dan Melinda Gates, Dicky menyebut bahwa pendiri Microsoft tersebut telah lama mendukung upaya kesehatan global.

Kemudian, klaim mengatakan bahwa mereka mengawasi mengontrol populasi tidak berdasar. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan tinta tak kasat mata dimasukan ke vaksin adalah tidak benar.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment