[Hoaks] Ganjar Pranowo Telah Dipersiapkan Menjadi Presiden oleh PKI

20 November 2023 - 09:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di media sosial dengan thumbnail yang menampilkan dengan narasi yang menyebut Ganjar Pranowo disiapkan menjadi presiden oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Faktanya, dalam keseluruhan isi video tidak terdapat informasi mengenai Ganjar Pranowo disiapkan menjadi presiden oleh PKI.

Dalam video tersebut sang narator hanya membacakan beberapa artikel, salah satunya artikel RMOL.id berjudul “Usung Ganjar, PDIP Diyakini Jadi Musuh Bersama”.

Baca Juga: Inggris Menang Telak 2-0 Lawan Malta

Artikel itu berisikan pernyataan Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) Saiful Anam soal kemungkinan PDIP menjadi musuh beberapa partai politik setelah mengusung Ganjar sebagai calon presiden (capres). Sementara itu, beberapa klip dalam video juga tidak terkait dengan narasi soal Ganjar dan PKI.

Adapun atu klip yang menampilkan politikus PDIP, Trimedya Panjaitan, identik dengan video di kanal YouTube Indonesia Lawyers Club. Dalam video itu, Trimedya mengkritik kinerja Ganjar saat menjadi Gubernur Jawa Tengah.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment