[Hoaks] E-Book Berjudul Melanggengkan Dinasti Jokowi Lupakan Netralitas Korbankan Rekan Sejawat

27 November 2023 - 16:00 WIB
Dok. Instagram @Divhumas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar e-book yang mencantumkan logo Tirto.id dan Kurawal Foundation. E-book tersebut berjudul "Lupakan Netralitas Korbankan Korban Sejawat".

Dalam E-Book berjumlah 22 halaman itu turut beredar informasi mengenai upaya Polri dalam mendukung salah satu pasangan capres-cawapres pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Polda Lampung Berhasil Amankan Barang Bukti Rp 9,35 M Kasus Korupsi Bendungan Margatiga

Faktanya, dilansir dari Tirto.id, Redaksi Tirto tidak pernah menerbitkan artikel yang dikemas dalam bentuk e-book sebanyak 22 halaman tersebut. Artikel-artikel dalam e-book tersebut sama sekali bukan produk jurnalistik yang diproduksi Tirto.

Tirto dan Kurawal memang sempat bekerja sama pada tahun 2020 terkait liputan mendalam soal politik keluarga besar Jokowi menjelang Pilkada Serentak 2020. Namun, e-book setebal 71 halaman yang Tirto dan Kurawal terbitkan tersebut sama sekali berbeda dengan e-book 22 halaman yang beredar belakangan ini.

Menanggapi hal tersebut Wakil Direktur Kurawal, Donny Ardyanto, memastikan bahwa e-book sebanyak 22 halaman tersebut bukan produk Kurawal dan Tirto. Karena itu, publik jangan mudah termakan hoaks yang mengatasnamakan media, khususnya Tirto.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment