[HOAKS] Dokter Ahli Anjurkan Suntik Vaksin Covid-19 di Alat Kelamin Pria

6 March 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral sebuah foto di medsos X/Twitter yang menampilkan sebuah tangkapan layar dari situs berita CNN yang didalamnya terdapat sebuah informasi yang menyatakan bahwa dokter menganjurkan untuk menyuntikkan vaksin Covid-19 di alat kelamin pria.

Adapun itu, unggahan tersebut disertai narasi yang artinya "Dokter Anjurkan Suntikan Vaksin Covid-19 di Penis. Para dokter menemukan bahwa bagi pasien pria, penis merupakan tempat pelepasan vaksin tercepat ke seluruh tubuh. Berdasarkan temuan penelitian Universitas California yang melibatkan 1.500 pria yang menerima vaksin".

Baca Juga: Dewan Pers Sebut Perusahaan Pers Tak Masuk Keanggotaan Komite Pelaksanaan Publisher Rights

Faktanya, informasi yang dimuat dalam unggahan tersebut tidaklah benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, Selasa (5/3/24) tangkapan layar tersebut merupakan hasil suntingan. Situs berita CNN tidak pernah memberitakan hal seperti yang tertera pada tangkapan layar tersebut.

Melansir boomlive.in, dokter yang tertera pada tangkapan layar tersebut, dr. Mohitkumar Ardeshana telah membantah artikel tersebut dan mengaku tidak pernah mengatakan apapun terkait penelitian seperti itu.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment