[HOAKS] Bumi akan Dihantam Asteroid pada 12 Juli 2038

8 July 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menyatakan bahwa bumi akan dihantam asteroid pada 12 Juli 2038.

Namun faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari cekfakta.com, Jumat (5/7/24), narasi yang beredar merupakan pemahaman yang keliru dari materi Latihan Tabletop Antarlembaga Pertahanan Planet.

Latihan tersebut diadakan NASA setiap dua tahun sekali yang bertujuan untuk menilai kemampuan Amerika Serikat dalam menghadapi dampak dan potensi bahaya asteroid atau komet.

Selama latihan, para peserta mempertimbangkan potensi respons nasional dan global terhadap skenario hipotetis ketika asteroid yang belum pernah terdeteksi sebelumnya teridentifikasi dan menurut perhitungan awal memiliki peluang 72 persen untuk menabrak Bumi dalam waktu sekitar 14 tahun (2038).

Melansir dari akun X/Twitter resmi milik NASA @NASA, tidak ada ancaman dampak asteroid yang signifikan di masa mendatang. Latihan di atas meja ini diadakan setiap dua tahun sekali untuk mendukung strategi pertahanan planet NASA.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment