[HOAKS] Berpotensi Tsunami, Waspadai Gelombang Dahsyat Di Laut Selatan

12 June 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Youtube sebuah unggahan video yang mengeklaim adanya gelombang dahsyat di laut selatan yang berpotensi tsunami. Unggahan video tersebut beredar pada 6 Juni 2024 yang telah dilihat sebanyak lebih dari 1 ribu tayangan.

Namun faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari turnbackhoax.id, Selasa (11/6/24), tidak ada kesesuaian antara judul yang beredar dengan pernyataan yang disampaikan narator. Dalam unggahan video, narator hanya berbicara tentang gelombang tinggi yang terjadi di kawasan Jawa Barat hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Narator pada video tersebut hanya membacakan artikel yang termuat di laman kompas.tv yang dirilis pada 6 Juni 2024 dan berisi tentang peringatan yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk masyarakat pesisir selatan kawasan Jawa Barat hingga DIY.

Dalam artikel tersebut, BMKG menyampaikan gelombang tinggi yang diprediksi berkisar antara 1,25 – 2,5 meter atau kategori sedang. BMKG mengimbau masyarakat pesisir dan yang beraktivitas di laut untuk waspada. Tak hanya itu, dalam artikel ini juga tidak disebutkan bahwa gelombang tersebut berpotensi tsunami.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment