Hilangkan Trauma, Polwan Polda Jabar Hibur Anak-anak di Pengungsian Gempa Cianjur

24 November 2022 - 08:54 WIB
Foto : Dok. Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Cianjur. Tim Polisi Wanita (Polwan) Polda Jawa Barat (Jabar) dan Polres Cianjur memberikan bantuan berupa trauma healing untuk anak-anak di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur, Rabu (21/11/2022). Para Polwan tersebut menghibur anak-anak agar kembali ceria.

Seperti yang diketahui, Cianjur dibuat luluh lantak oleh guncangan gempa yang berkekuatan 5,6 magnitudo. BNPB melaporkan, jumlah korban meninggal dunia mencapai 271 orang dan ratusan warga lainnya luka-luka. Tak hanya itu, rumah-rumah warga pun rusak bahkan roboh. 

Baca Juga : Tiga Hari Tertimbun Reruntuhan Gempa, Bocah 5 Tahun Berhasil Diselamatkan

Kabid Humas Polda Jabar Kombes. Pol. Ibrahim Tompo menjelaskan, trauma healing diberikan untuk pemulihan rasa trauma kepada warga secara cepat, termasuk menghindari anak-anak dan masyarakat dewasa dari rasa stress.

"Pertolongan psikologis diperlukan untuk menstabilkan kondisi dari psikologis masyarakat terdampak bencana, khususnya anak - anak serta wanita," jelas Kabid Humas Polda Jabar, dilansir dari suara.com, Rabu (23/11/2022).

Sementara itu, Polwan Polda Jabar, AKBP. Wiwik Indrawati turut mengatakan, trauma healing bagi anak-anak pasca gempa Cianjur dilakukan, supaya mereka terhibur, dan tidak larut dalam rasa trauma berkepanjangan.

“Ada puluhan anak yang menjadi penyintas bencana gempa bumi. Beberapa diantaranya harus tinggal di pengungsian di Mapolres Cianjur, sehingga merasakan kesedihan. Maka dari itu kami mengerahkan personel Polwan untuk menghiburnya serta mengajak untuk bermain," ungkap AKBP. Wiwik Indrawati.

AKBP Wiwik Indrawati mengungkapkan, trauma healing yang dilakukan cukup efektif, anak-anak bisa kembali ceria dan tidak murung.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment