Divhumas Polri Ajak Pegiat Media Digital Berperan Jaga Kondusifitas Pemilu

14 March 2023 - 10:24 WIB
Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Divisi Humas Polri menggelar kegiatan dengan mengajak para pegiat media digital pada Selasa (14/3/2023). Kegiatan tersebut bertujuan agar para pegiat media digital turut berperan menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024.

"Polri perlu menginisiasi dan melakukan pertemuan pegiat media digital bersama rekan influencer Polri dan pegiat media sosial, sebagai salah satu langkah konsolidasi dan koordinasi di bidang media digital," ujar Karo Multimedia Divhumas Polri Brigjen. Pol. Gatot Repli Handoko Yang Mewakili Kadiv Humas Polri, Selasa (14/3/2023).

Baca juga : Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya Gelar Rapat Bahas Pengamanan Pemilu 2024

Brigjen. Pol. Gatot Repli mengatakan langkah ini diperlukan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memperoleh informasi yang benar, sehingga menimbulkan kesadaran untuk menerima dan memanfaatkan informasi yang diterima di jagad maya. Apalagi, di tahun ini, dinamika masyarakat Indonesia dipastikan akan menghangat seiring mendekatnya Pemilu 2024. 

Mengutip pernyataan Ang Peng Hwa, Direktur Singapore Internet Research Center, Nanyang Technological University, yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki tantangan berat di masa pemilu. Dengan skala cakupan wilayah, durasi, masa kampanye, serta banyaknya orang dengan Latar budaya berbeda akan menjadi faktor penyebabnya.

Potensi merebaknya hoaks juga akan menimbulkan pengaruh dalam pengambilan keputusan masyarakat. Brigjen. Pol. Gatot Repli melihat, hal ini berpotensi menimbulkan masalah sosial yang berdampak luas di masyarakat. 

"Mengingat besarnya risiko tersebut, Polri dituntut perannya untuk mengantisipasi dampak buruk dan friksi di media digital di tahun politik," jelas Brigjen. Pol. Gatot Repli.

Melalui pertemuan dengan pegiat media ini, Polri berharap jalinan silaturahmi dengan media tetap terjaga. Komunikasi juga diharapkan tetap berjalan untuk membangun sinergitas antara Polri dan komunitas pegiat media digital. 

"Dengan demikian, kedamaian dan ketertiban di jagat Maya menjelang Pemilu dan Indonesia damai yang kita harapkan bersama dapat terwujud," tutup Brigjen. Pol. Gatot Repli.

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment