[Disinformasi] Imbauan Penggunaan Masker Karena Penyebaran Disentri Amoeba

25 August 2023 - 20:30 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa terdapat imbauan penggunaan masker karena terjadi penyebaran disentri amoeba di Indonesia. Dalam postingan tersebut turut termuat gambar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan disertai keterangan "Menteri Luhut akan wajibkan penggunaan masker untuk warga Jabodetabek".

Faktanya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., menjelaskan bahwa tidak terdapat laporan peningkatan kasus disentri amoeba di Indonesia.

Baca Juga:  [Hoaks] Ikan Lele Mengandung Ribuan Sel Kanker

Diketahui bahwa imbauan penggunaan masker tersebut juga bukan berasal dari Kemenkes. Usulan tersebut justru berasal dari Menko Marves kepada warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang saat ini sedang menghadapi paparan polusi udara.

Kesimpulan, video di Facebook dengan klaim bahwa terdapat imbauan penggunaan masker karena terjadi penyebaran disentri amoeba di Indonesia adalah informasi yang keliru/disinformasi.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment