[Disinformasi] Jalan Sehat Anies Baswedan dan Partai Nasdem dikawal oleh TNI

6 August 2023 - 12:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengawal aksi jalan sehat yang dilakukan oleh mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Anies Baswedan dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Dalam video tersebut turut disertai keterangan "Acara jalan sehat pak Anies di Jabar dikawal pasukan kodam Siliwangi dan marinir. Sudah mulai si ijazah palsu tidak berwibawa di mata TNI aktif yang mendukung salah satu Capres, Gunakan akal Sehat".

Baca Juga:  3 Orang Tewas Akibat Banjir Melanda Slovenia

Faktanya, bahwa aksi yang diklaim sebagai pengawalan Anies Baswedan dan Partai NasDem tersebut merupakan inspeksi pasukan yang dipimpin oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat acara Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut Tahun 2020 pada 23 November 2020.

Disisi lain, salah satu cuplikan video yang memperlihatkan personel TNI melakukan pengawalan aksi jalan sehat Anies Baswedan dan Partai NasDem merupakan suntingan belaka. Video aslinya terjadi saat Kolonel Kav. Dwi Irbaya Sandra melakukan razia masker dan sosialisasi vaksin Covid-19 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 3 Februari 2021.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment