BMKG Survei 2 Lokasi Pembangunan Hunian Tetap Bagi Korban Gempa Cianjur

30 November 2022 - 14:00 WIB
Foto : mediaindonesia.com

Tribratanews.polri.go.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih melakukan survei di dua lokasi yang rencananya akan dibangun hunian tetap bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Saat ini BMKG masih melakukan pengukuran dan mendata yang nanti hasilnya akan disampaikan ke pemerintah.

Baca juga : BMKG: Gempa Susulan Terjadi Kembali Tadi Siang

"Kami masih melakukan pengukuran langsung, dan datanya nanti disampaikan oleh BMKG kepada pemerintah daerah dalam hal nanti untuk pembangunan hunian tetap," jelas Koordinator Peringatan Dini Gempa Bumi BMKG Sigit Pramono Suroyo, dikutip dari antaranews.com, Selasa, (29/11/22).

Sigit Pramono Suroyo mengemukakan wilayah yang sedang dalam survei itu yakni di Kecamatan Mande seluas 4 hektare dan Kecamatan Cipendawa seluas 10 hektare. Terdapat satu wilayah yang sudah selesai dikaji, yakni Kecamatan Sirnagalih. Hasil dari kajian itu akan segera diinformasikan secara resmi oleh BMKG kepada pemerintah daerah.

Sigit mengatakan calon wilayah hunian tetap yang sedang disurvei itu merupakan hasil diskusi dan rekomendasi pemerintah daerah. Kemudian, BMKG akan menindaklanjuti dengan jenis metode dan pengukuran langsung di lapangan untuk mengoleksi datanya.

"Sampai akhirnya kami akan menghasilkan informasi yang selanjutnya akan direview pimpinan lembaga dan nanti akan secara resmi disampaikan kepada pemerintah daerah melalui pimpinan lembaga," ungkap Sigit.

Sebelumnya, korban bencana gempa bumi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meminta pemerintah mempercepat proses relokasi tempat tinggal mereka menuju lokasi yang aman.

"Saya inginnya lebih cepat, lebih baik. Karena tempat pengungsian saya sekarang ini kabarnya sudah harus dibongkar beberapa hari lagi," ungkap pengungsi di Posko Kemensos, Memed Karmedi (50).

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment