Berikut Makanan Khas Saat Perayaan Nyepi

22 March 2023 - 05:40 WIB
Wikipedia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Hari Raya Nyepi yang diperingati umat Hindu merupakan momen sakral penuh makna. Sama seperti peringatan keagamaan lainnya, Tahun Baru Saka ini tidak sebatas berisi rangkaian ibadah saja. Tapi juga berbagai makanan khas. 

Baca juga : Wayang Kulit Kesenian Asli Indonesia yang Mendunia

Berikut makanan khas saat perayaan Nyepi yang dilansir dari rri.co.id, Selasa (21/3/23)

1. Lawar
Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata. Lawar dibuat dari daging rebus yang dicincang, sayuran, bumbu-bumbu kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan kelapa.

Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut.

Lawar tidak dapat bertahan lama, jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari. Lawar menjadi sajian terenak saat Nyepi.

2. Ayam Betutu
Hidangan ini merupakan sajian yang wajib ada saat Hari Raya Nyepi. Ayam Betutu biasanya selalu ada saat upacara serta menjadi sajian wajib saat sesembahan.

Betutu adalah makanan tradisional khas Bali yang terbuat dari ayam atau bebek utuh. Hidangan ini berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api.

Kata betutu berasal dari kata "tunu" yang berarti "bakar" dan dirangkai dengan kata "be" yang berarti "daging". Berdasarkan uraian tersebut, "betutu" berarti daging yang dibakar.

3. Ketongkol
Hidangan ini memiliki rasa gurih, manis dan asin. Ketongkol biasanya dibungkus memakai daun pisang sehingga wangi. Biasanya ketongkol disajikan bersama dengan sayuran atau lauk lainnya. Ketongkol cocok disajikan dengan kelapa parut, kerupuk, dan sambal matah.

4. Nasi Tempeng
Masakan ini menjadi salah satu hidangan tradisional khas Gianyar Bali yang memiliki rasa pedas, dan rempah-rempah yang kuat. Bahan yang digunakan nasi Tempeng ada kacang panjang, nangka muda, terong, daun kelor, kacang merah, dan taburan kelapa parut.

Nasi Tempeng dibungkus daun pisang. Tentunya ketika dibungkus aroma Nasi Tempeng ini keluar.

5. Entil
Entil menjadi salah satu hidangan umat Hindu yang berada di Desa Wongaya Gede Tabanan Bali. Hidangan ini biasanya diolah untuk merayakan Hari Raya Nyepi.

Jadi, entil sekilas mirip dengan ketupat yang terbuat dari berasan akan dibungkus menggunakan daun pisang. Lalu diikat dengan bambu setelah matang Entil akan dimakan dengan lauk, dan sayuran.​

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment