Berikut 6 Makanan Khas Batak Sumatera Utara Dengan Cita Rasa Unik yang Perlu Dicoba

4 June 2023 - 06:45 WIB
Foto: masakapahariini

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beragam khas makanan dari Indonesia sangatlah banyak, salah satunya adalah makanan khas Batak, yang akan Anda temukan saat berkunjung di Provinsi Sumatera Utara.

Dikutip Suara.com, berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Batak yang bisa Anda cicipi saat berada di Tanah Batak.

Baca Juga:  KemenPPPA Beri Bantuan Spesifik Kepada Perempuam Korban TPPO Dari Irak

1. Tombur

Tombur merupakan salah satu makanan khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Hidangan tradisional ini menggunakan ikan lele atau ikan mujair yang diolah dengan cara dibakar. Kemudian ikan bakar yang kaya rempah ini disajikan bersama nasi hangat dan sambal. Penyajiannya mirip dengan lele penyet atau pecel lele.

2. Arsik Ikan Mas

Makanan khas Batak yang satu ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Makanan ini identik menggunakan ikan mas sebagai olahan utamanya. Ikan mas diolah dengan cara direbus bersama bumbu kuning yang berasal dari aneka rempah yang hangat dan kuat. Makanan ini menjadi simbol budaya kuliner di Batak.

3. Dali Ni Horbo

Makanan khas Batak ini nampak seperti tahu pada umumnya, namun sebenarnya ini adalah susu kerbau yang dipadatkan. Makanan khas Batak Toba yang paling banyak diburu ini memiliki rasa yang khas dan unik. Cukup langka menemukan makanan eksotis ini dengan rasa sedikit pahit namun menggugah selera. Anda dapat menemukan kuliner ini di sekitar daerah  Porsea, Laguboti, dan Balige.

4. Mie Gomak

Mie Gomak adalah hidangan berkuah dengan cita rasa khas Batak Toba atau sering disebut sebagai spaghetti Batak. Bahan utama mie lidi yang dibuat dengan cara direbus bersama santan bumbu kuning. Dalam penyajiannya, Mie Gomak biasanya ditambahkan telur rebus.

5. Saksang

Saksang merupakan makanan khas Batak non halal yang biasa disajikan dalam berbagai acara adat masyarakat Suku Batak. Dimasak dengan menggunakan bumbu racikan, contohnya andaliman, membuat rasa daging babi menjadi lebih gurih dan nikmat.

6. Naniura

Naniura adalah makanan khas Batak Toba yang cukup unik. Berupa ikan tuna mentah yang dimasak tanpa api. Ikan tuna yang dipotong dan dipisahkan dari sisiknya, kemudian dimarinasi dengan air jeruk dan bumbu seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, dan kecombrang. Rasanya lebih nikmat daripada sashimi karena dibumbui rempah lengkap. Wah, wajib banget dicoba sajian ikan sashimi ala Indonesia ini!

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment