9 Tradisi Imlek di Indonesia

24 January 2023 - 08:20 WIB
Kompasmedia.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta, Tahun Baru Imlek merupakan momen pergantian tahun dalam kalender China atau kalender Lunar.

Tahun baru imlek atau 2574 Kongzil tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Perayaan Imlek menjadi momen penting bagi warga Tionghoa di Indonesia karena diharapkan membawa berkah dan kemakmuran sepanjang tahun.

Baca juga : Beberapa Rekomendasi Makanan Keberuntungan Sambut Imlek

1. Berbagi angpao
Sudah bukan rahasia, berbagi angpau jadi tradisi Imlek di Indonesia yang tidak boleh terlewatkan. Biasanya yang boleh memberikan angpao adalah mereka yang sudah menikah.

2. Pertunjukan barongsai
Menonton pertunjukan barongsai juga merupakan salah satu tradisi yang dinanti saat perayaan Tahun Baru Imlek. Ini merupakan salah satu tradisi populer dan dilakukan di seluruh dunia pada saat perayaan Imlek. Barongsai juga menjadi perayaan yang sangat melekat erat dengan kultur Tionghoa, termasuk di Indonesia.

3. Menyiapkan hidangan khas Imlek
Tahun Baru Imlek tentu tidak lengkap jika belum menyajikan makanan yang istimewa. Makanan khas Imlek seperti pangsit, siu mie, lumpia, sup, ikan bandeng selalu disuguhkan di meja.

4. Makan dan kumpul bersama keluarga
Momentum Tahun Baru Imlek biasanya dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Saat berkumpul bersama, keluarga Tionghoa sudah menyiapkan aneka hidangan khas Imlek untuk disantap bersama.

5. Sembahyang leluhur
Masyarakat Tionghoa yang memeluk agama Konghucu biasanya melakukan sembahyang leluhur di klenteng jelang Imlek dan Cap Go Meh. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati serta mendoakan arwah para leluhur.

6. Serba warna merah
Warna merah seakan lekat menjadi ciri khas perayaan imlek. Saat Imlek tiba, semua hal mulai dari dekorasi, amplop angpao, hingga pakaian menggunakan warna merah. Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah melambangkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kekuatan.

7. Beberes dan bersih-bersih rumah
Bersih-bersih rumah menjadi hal yang wajib dilakukan, setidaknya satu hari sebelum Imlek. hal ini dipercaya dapat membuang segala keburukan dan nasib buruk dari rumah selama satu tahun terakhir.

8. Membaca ramalan shio
Shiomerupakan simbol binatang dalam astrologi Tionghoa.Shiomemiliki dua belas hewan yang mewakili tahun, bulan, dan jam tertentu di mana setiapshiomemiliki karakter dan elemennya masing-masing.

9. Menyalakan petasan dan kembang api
Pasalnya, kembang api tidak hanya menerangi langit saat malam perayaan Imlek, tetapi bunyi dentumannya yang keras dipercaya dapat menakuti roh jahat.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment