Waspada Gunung Lewotobi Laki-laki Masuk Status Siaga

7 October 2024 - 12:28 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Flores. Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Emanuel Rofinus Bere, sebut bahwa Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi atau meletus, pukul 05:03 Wita, Senin (7/10/2024). Ia juga menetapkan status Siaga atau Level III.

Dalam keterangannya dikutip dari situs resmi PVMBG, ia menjelaskan kolom abu teramati berwarna kelabu. Letusan terjadi dengan intensitas tebal.

"Tinggi sekitar 800 meter dari puncak. Cuaca cerah, angin lemah le arah barat daya," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Senin (7/10/24).

Selanjutnya ia juga mengimbau masyarakat, dan wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dekat pusat erupsi Lewotobi Laki-laki. Imbauan serupa juga berlaku untuk Gunung Lewotobi Perempuan.

"Tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan. "Serta 4 kilometer arah sektoral utara-timur laut dan 5 kilometer sektor timur laut dari pusat erupsi Lewotobi Laki-laki" jelasnya.

Diakhir kesempatan ia meminta masyarakat agar tenang, mengikuti arahan Pemda, serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Pemerintah Daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment