Waspada, Gunung Ibu di Halmahera Terjadi Erupsi

12 January 2024 - 10:22 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Malut. Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, meletus. Letusan terjadi pada pukul 09:44 WIT, Jumat (12/1/2024).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Axl Roeroe mengatakan, tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 800 meter dari puncak.

"Kurang lebih 2125 meter di atas permukaan laut," ujarnya, dilansir dari RRI, Juta (12/01/24).

Dalam keterangannya, ia menyebutkan berdasarkan dari hasil pengamatan, kolom abu nampak berwarna kelabu, dengan intensitas tebal ke arah selatan dan barat daya. 

Baca Juga : [Hoaks] Tiga Anggota KPU Ditangkap akibat Terima Suap dari Gibran Rakabuming Raka

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 63 detik," ujarnya.

Pihak Pos Pengamatan Gunung Ibu belum menetapkan level atau status erupsi. Namun, masyarakat dan pengunjung dilarang beraktivitas sepanjang radius 2 kilometer.

"Juga perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer. Itu ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu," jelasnya.

Diakhir kesempatan ia mengimbau kepada masyarakat yang tinggal disekitar gunung, untuk selalu mengenakan masker, agar terhindar dari gangguan pernapasan (ISPA), maupun gangguan kesehatan Iainnya.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment