Wapres RI Apresiasi Penguatan dan Semangat Reformasi Polri

22 September 2022 - 13:35 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma'ruf Amin mengapresiasi penguatan serta semangat reformasi Polri. Hal tersebut diutarakan oleh Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan pada Seminar Sekolah Sespimti Dikreg ke-31 dan Sespimen Dikreg ke-62 TA 2022 yang dilaksanakan di Gedung The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (21/09/22).

Dalam sambutannya, KH Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa setiap negara tengah berjuang untuk memperoleh kemajuan segala bidang, termasuk dalam berjuang dalam kemajuan ekonomi. Kemajuan tersebut tidak dapat dicapai tanpa ada keamanan dan ketertiban. Oleh karena itu keamanan dan ketertiban menjadi syarat inti kemajuan bangsa.

“Salah satu pilar penopang keamanan dan ketertiban adalah institusi kepolisian. Kepolisian menjadi titik pijak penyelenggaraan ketertiban sosial yang merupakan landasan pokok stablitas ekonomi dan politik,” terang Wapres RI.

Menurutnya, sangat wajar apabila kinerja kepolisian mendapatkan pengawasan berlapis termasuk dari masyarakat. Di tengah perbincangan publik yang luas atas Polri, saat ini merupakan momentum melakukan percepatan reformasi untuk tingkatkan kepercayaan publik. Untuk memperkuat kepercayaan publik itu, dibutuhkan profesionalitas dan integritas Polri.

Profesionalitas dan integritas harus ditanamkan saat rekrutmen, sekaligus bersikap teladan dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi terhadap pembelajaran tentang penguatan dan nilai semangat reformasi Polri dalam proses pendidikan dan pelatihans Sespimti n Sespimmen Polri. Pimpinan Polri yang prifesional dan berintegritas diharapkan dapat muncul dalam pendidikan Sespimti dan Sespimmen Polri ini,” tuturnya.

Wapres RI juga mengharapkan, lulusan Sespimti dan Sespimmen agar menjadi duta-duta pembaruan di kepolisian. Ia menekankan untuk mengutamakan prinsip moralitas, kepatuhan dan juga menjunjung profesionalitas dalam menjalankan fungsi pelayanan, pengayom dan pelindung masyarakat.

Dengan demikian Ia yakin Polri akan mendapatkan legitimasi dari pihak yang dilayaninya untuk melaksanakan otoritas berdasarkan peraturan perundang-undangan. Polri juga akan semakin dekat dengan publik, sehingga masyarakat bukan hanya menjadi pengawas Polri, namun juga menjadi mitra Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Share this post

Sign in to leave a comment