Wapres Minta Masyarakat Dukung Pembangunan SDM Unggul dengan IPTEK

23 May 2023 - 09:30 WIB
Foto: RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta dukungan masyarakat terkait pembangunan SDM unggul dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Hal itu disampaikannya dalam Konferensi Internasional 'Agama, Perdamaian, dan Peradaban' Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jakarta, Senin (22/5/2023).

"Penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai kunci peradaban tersebut. Yaitu SDM yang unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Wapres Ma'ruf.

"Dengan demikian, bangsa Indonesia akan mampu menjadi bangsa maju yang tidak hanya berfokus pada kepentingan nasional. Tetapi, semakin berkontribusi besar bagi perdamaian dan kemajuan peradaban dunia," lanjut Wapres Ma'ruf.

Baca Juga:  Polri Tegaskan Akan Sikat Para Preman yang Resahkan Wisatawan di Garut

Menurut Wapres Ma'ruf, dalam membangun peradaban penting untuk dilandaskan pada fungsi manusia di bumi, yaitu memiliki tugas untuk mengelola dan membangun bumi serta peradabannya.

Ia menyebut, manusia bertanggung jawab untuk memakmurkan bumi. Serta, peradaban yang dibangun harus pula dilandaskan pada dimensi ketuhanan dan juga dimensi kemanusiaan.

"Menempatkan diri sebagai 'wakil Allah' yang menjalankan penugasan dari Allah SWT selaku pemberi mandat. Antarmanusia sebagai sesama 'wakil Allah' harus saling menguatkan satu sama lain (tasanud), bukan saling bermusuhan (ta’anud),” ujar Wapres Ma'ruf

"Harus saling menjaga jangan sampai terjadi kegaduhan. Karena manusia ini berada di satu bumi yang sama (fii ardhin wahidin)," terang Wapres Ma'ruf.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment